Skenario Modul Purchase, Sales, dan Accounting di Odoo beserta dengan Instalasi Modul Ekstra

Setelah minggu lalu saya telah menjelaskan tentang instalasi Odoo di Windows 10, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang skenario penggunaan modul purchase, sales, dan accounting di Odoo.

Sebagai sebuah software yang bisa dibilang mengintegrasikan seluruh komponen sumber daya perusahaan, modul modul pada Odoo dirancang untuk dapat dioperasikan oleh banyak user. Sehingga, pada skenario kali ini akan dibuat seolah-olah layaknya pada sebuah perusahaan dimana seorang user hanya dapat memiliki role tertentu. Dalam melakukan skenario ini, saya akan membuat empat user dimana masing-masing user memiliki role di modul purchase, inventory, sales, dan accounting.

Modul Purchase

Pertama kita masuk ke modul purchase. Secara umum proses bisnis pada modul purchase terdiri dari pembuatan RFQ, Pengiriman RFQ ke vendor, Proses Pembuatan PO, dan diakhiri dengan pembuatan bill. Pertama kita akan membuat Request for Quotations di modul purchase.

Setelah dibuat, RFQ akan dikirimkan ke vendor yang nantinya akan mendapatkan feedback berupa harga.

Setelah mendapatkan feedback berupa harga, selanjutnya akan mengkonfirmasi order dan akan dibuatkan purchase order untuk pemesanan tersebut.

Setelah barang dikonfirmasi tiba, kita akan berpindah ke modul inventory dimana barang akan dikonfirmasi apakah sudah datang atau belum.

Setelah inventory tervalidasi, maka barang akan masuk kedalam stok persediaan PT Jura Tempest.

Setelah menambah stok persediaan, PT Jura Tempest dapat menjualkan barang kepada PT KITA.

Modul Sales

Setelah dapat menjualkan barang pada PT KITA, PT Jura Tempest dapat mengajukan penawaran kepada PT KITA berupa quotation yang berisi detail harga dan jumlah barang yang ditawarkan.

Setelah membuat Quotation, selanjutnya Quotation akan dikirimkan kepada Customer. Pada proses ini, customer akan menentukan apakah menerima penawaran tersebut atau tidak.

Jika penawaran tersebut diterima oleh customer, maka akan tercetak sales order berisi penawaran yang telah diberikan sebelumnya oleh PT Jura Tempest. Sales Order selanjutnya akan memiliki tampilan seperti ini

Modul Accounting

Masuk ke modul Accounting, pada dasarnya modul accounting ini tidak secara gamblang dijalankan pada modul tersebut. Pada case kali ini, kita akan menggunakan role Accounting Staff untuk menjalankan fungsi accounting pada modul purchase dan sales.

Untuk modul purchase, yang akan dilakukan adalah membuat bill untuk purchase order yang telah dilakukan.

Setelah melakukan Post pada draft bill yang dibuat, tagihan tersebut akan memiliki status “PAID” atau lunas dan menghasilkan dokumen bill seperti ini :

Pada modul sales, yang akan dilakukan adalah membuat Invoice. Pada quotation yang telah mencapai tahap sales order seperti ini.

Selanjutnya, akan dibuat invoice dan akan memunculkan tampilan dimana kita bisa menentukan berapa Down Payment yang harus dibayarkan oleh customer.

Klik Create and View Invoice dan Invoice akan secara otomatis terunduh dan akan memiliki tampilan seperti ini :

Sekian Penjelasan mengenai 3 modul di Odoo, nantikan #ExploreOdoo selanjutnya dengan pembahasan Modul lain yang lebih Menarik.

  • * Instalasi Modul Ekstra *

Beberapa modul tidak built-in pada aplikasi odoo, sehingga ketika kita ingin menginstall modul tersebut, kita harus mendapatkan installernya secara online di apps.odoo.com.

Misalkan, kita ambil contoh modul Odoo12 Accounting yang kita gunakan pada skenario 3. Modul Odoo12 Accounting tersedia pada odoo.apps.com dengan tampilan seperti ini

Sebelum mengunduh, pastikan kita sudah mengetahui requiremant dan versi yang digunakan. Jika ternyata tidak sesuai dengan versi yang kalian gunakan, biasanya terdapat beberapa opsi versi lain, seperti pada Odoo12 Accounting ini juga tersedia untuk versi 13 dan 14. Selain itu, perhatikan juga apps yang sudah harus terinstall karena nantinya modul ini akan berkaitan dengan required apps yang disebutkan.

Setelah selesai mengunduh, extract folder zip unduhan tersebut lalu pindahkan ke direktori

C:\Program Files (x86)\Odoo 12.0\server\odoo\addons

nb : Menyesuaikan dengan letak Instalasi Odoo di device kalian

Setelah memindahkan isi folder zip ke addons, restart server Odoo yang kalian gunakan melalui service.scm

Setelah selesai merestart server odoo, kembali login ke localhost untuk tersambung dengan odoo. Selanjutnya buka Setting > Activate Developer Mode

Setelah mengaktifkan developer mode, masuk pada section apps dan kalian akan menemukan pilihan Update Apps List di bagian tengah.

Klik Update, dan Voila modul ekstra kalian sudah berhasil ditambahkan!

--

--

Penultimate CS Student @ University of Indonesia

Love podcasts or audiobooks? Learn on the go with our new app.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store