Instalasi Odoo 12 di Windows 10

Fikri Adidharma
3 min readMar 5, 2021

Pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan instalasi Odoo 12 di Windows 10.

Pertama, kita akan membuka website nightly.odoo.com dimana nanti akan muncul seperti gambar dibawah ini. Lalu pilih Versi 12.

Setelah memilih versi 12, lalu pilih /windows untuk mengunduh versi windows executable. Scroll ke bawah lalu pilih latest version dari Odoo 12

Setelah selesai melakukan pengunduhan, jalankan file windows executable tersebut pada komputer anda. Lalu, anda akan mendapat tampilan sebagai berikut :

Ikuti langkah yang telah ada dalam installer Odoo. Ketika hendak memulai instalasi, anda akan diberikan opsi intalasi All in One installation ataupun Custom Installation seperti yang saya contohkan dibawah ini :

Untuk anda yang sudah pernah menginstall PostgreSQL sebelumnya, bisa memilih custom installation untuk opsi instalasinya, namun jika anda belum pernah menginstall PostgreSQL ada baiknya memilih opsi All in One.

Selanjutnya akan muncul tampilan seperti ini :

Untuk anda yang sudah pernah menginstall PostgreSQL Server sebelumnya, terdapat beberapa adjustment yaitu dengan menambahkan role dengan username yang ada pada tampilan tersebut pada pgAdmin atau bisa dengan mengganti username dan password dengan role yang sudah ada di pgAdmin.

Selanjutnya pilih direktori tempat anda menginstall Odoo

Setelah itu, tunggu instalasi selesai dalam waktu 5–10 menit tergantung pada spesifikasi device yang kalian gunakan. Selanjutnya, ketika instalasi selesai dan anda menekan tombol finish, secara otomatis browser akan me-launch Odoo di localhost:8069.

Tampilan yang pertama kali muncul ketika anda pertama kali selesai menginstall Odoo adalah opsi untuk membuat database yang kurang lebih akan memiliki tampilan seperti ini :

Setelah membuat database, anda bisa login ke database yang anda buat tadi dengan mengisikan password dan email yang telah diisi sebelumnya.

Voila! Anda sudah bisa menikmati module-module dari Odoo.

Sekian Panduan instalasi Odoo 12 di Windows 10 dari saya. Jika ada kesalahan atau terdapat petunjuk yang kurang jelas, feel free to comment this post :) Thanks

--

--